Sabtu, 21 Mei 2016

Hidupmu berharga bagi Allah

Terlahir sebagai sosok gadis yang menyimpan perasaan, tanpa prnah berani mengutarakan langsung dgn mulut sndiri. Selalu mengungkapkan melalui bahasa.. melalui kata demi kata.. melalui media! Juga, aku tak pernah bisa membenci orang dengan serius, bahkan pada orang yang telah menancapkan luka paling dalam, dan selalu saja.. saat aku disakiti detik ini, saat perasaan seakan memberontak, saat hati sgt tdk menyukai namun perasaan akan kembali seperti semula beberapa waktu kemudian. Ya pantasnya aku bersyukur Tuhan berikan hati yang seperti ini, walau kadang merasa menyakitkan. Namun, Tuhan selalu ingatkan aku dgn lagu Mengampuni dari Maria Shandy. Coba deh kalian dengar lagu itu agar hati kalian adem dan dipenuhi kasih, apalgi saat teman, saudara atau org sekitar kalian yg sdg menyakiti hati kalian.. duh itu lagu ampuh banget buat ngademin hati kamu dan gk buat kamu marah dan ngomel sendiri :)

Orangtua batak, terkenal dengan jerih payah keras nya demi menghidupin dan mencukupkan kebutuhan anak-anaknya. Sekalipun harus minjam kemana-mana, cari duit pontang panting, yg udh namanya utk sekolah anak, itu HARUS! apalagi demi masa depan anak2nya, ga ada biaya sekolah mereka akan tetap usaha terus bagaimana anak mereka bisa sekolah.

Aku anak paling besar dr 3 bersaudara, terlahir dari seorang ibu yang luar biasa, dan dinafkahi oleh seorang ayah yang tak kalah hebat dan luar biasanya. Ibu--mamak, ayah--bapak.. aku memanggil mereka dengan sebutan itu. Dan ketika di dpn orang lain pun saat cerita, saat sdg ngobrol lwt telepon, aku selalu memanggil mereka dgn panggilan mamak bapak mak'e pak'e. Tdk berpura-pura memanggil mereka dgn sebutan mama mami papa papi di dpn org lain. Hahaha. Aku risih dgn org yg seakan sok gaul. Ya, itulah aku. Saat smsan dgn bapak tak jarang bapak memakai kata mama saat mengetik sms, tetap saja aku balas dgn kata 'mamak' :D seperti yg telah ku ceritakan di postingan sebelumnya, aku punya 1 adek cowok dan 1 adek cewek. Tentu saja mereka tak kalah hebat. Adekku yg cowok mengerti kondisi orgtua, tak jarang dia marah ktika aku boros. Begitupun dgn adekku yg cewek, hematnya yaampun, payah bilanglah, bapak dan mamak salut dan bangga padanya. Dia jg selalu berprestasi. Kami keluarga hebat, bagiku kami team yang hebat. Mereka, satu satunya team yang gak pernah ninggalin aku disaat aku melakukan kesalahan, disaat aku mengecewakan, disaat aku menyakiti, disaat aku dlm kondisi paling buruk sekalipun. Im so thankful! Thankyou Jesus.

Aku punya masa lalu yg sangat buruk sekaligus pengalaman yang sangat berharga. Kalian patut belajar dr pengalamanku dan semoga melalui ceritaku kali ini kalian bisa ambil pelajaran baik utk hidup kalian. Aku mahasiswi jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan, salah satu kampus di kota Medan yang banyak digemari, dan masuk ke tempat ini juga tidak mudah, jika kalian lulus disini.. berbahagialah, karena kamu telah mengalahkan ratusan bahkan ribuan pesaing. Dari namanya saja sudah Politeknik maka disana tdk akan kalian temuin S1, yg ada hanya D1, D3 dan D4. Aku sendiri mahasiswi Akuntansi. Pertama kali masuk kuliah semangatku berkobar2 dan seakan tak akan redup, sekalipun aku sblmnya jurusan IPA tp kuyakinkan tekadku bahwa Akuntansi sm halnya dgn belajar kimia biologi dll, yg dibutuhkan hanyalah latihan. Dan puji Tuhan yg membuat bahagia ku terasa sangat lengkap saat itu.. aku punya teman teman yang gila (red : kocak) aku tak perlu jaim di depan mereka dan selalu saja kami bisa sma2 tertawa saat tak ada 1 kata pun yg terucap dr bibir. Sering kali saat ada org lewat dan penampilannya lucu, kami mendadak saling bertatapan lalu ketawa sekencang2nya dan selebar2nya. Yeah, you know what i see guys!! Haha. Tak kalah lagi dgn bahasa gaul kami yg hanya diketahui oleh kami orang2 gila yang tergolong manusia waras, setiap kami ngomong dgn bahasa itu orang akan lihatin kami dgn muka bingung, mungkin dlm pikirannya "ini anak2 stres lg ngomong apaan, bahasanya gk jelas amat" haha. Blm lagi orang2 yang penasaran dan lgsg bertanya pd kami "eh itu kalian pakai bahasa apa sih? Bahasa karo ya?" Jiahhahahaha jwbn kami pun mulai iseng "bukan, ini bahasa nias" lalu kami ketawa ngakak. Tak jarang org berpikir kalau kami adalah org karo atau nias hanya karena bahasa gila kami yang gatau berasal dr planet mana haha ini semua karena kamu Yohana! I love all of you, guys! *abaikan ini semua haha*

Semester 1 aku mulai kenal dgn yg namanya akuntansi, belajar bareng, diskusi bareng, dan srg mendatangi teman yg mmg benar2 ahlinya di Akuntansi. Semester 1 dan semester 2 berjalan dgn mulus, masuk semester 3.. semester yg di blg dosen rawan. Apalagi buat kami yg sblmnya dr jurusan lain. Eum it's oke, yg diperlukan hanyalah belajar. Kami berusaha meyakinkan diri walau sebenarnya jantung dagdigdugggg. Aku dan 2 temanku berniat les akuntansi dgn alumni kami yang sudah tak diragukan lagi kehebatannya dlm akuntansi.. bg Widopo Hanly. Pria keturunan Chinese yg tak hanya mewakili Polmed, tak hanya mewakili Medan, dan tak hanya mewakili Sumatera Utara tp Dia mewakili Indonesia untuk ikut olimpiade Akuntansi ke luar negeri, kalau gk sala88h Australia ya bg? Hehe. So awesomee, ada brp banyak lawan yg udh disingkirkan bg dopo. Gilaaaaa. Bahasa inggrisnya juga lancar banget macem air. Walaupun msh berpikir bapak ngijinin atau egk, Aku lgsg aja telpon bapak (saat itu msh ldr-an dgn bapak)
"Pak, kawan2ku mau les akuntansi, aku ikut ya"
"Dimana tempatnya?"
"Dikampus, kami les sm alumni, pintar kali abg itu pak"
"Kekmana kali rupanya pintarnya, mmg bagusnya nnti cuma main2 aja kelen, brp org rupanya kwn2mu yg ikut les?" *waduh pertanyaan bapak byk bener*
"Ehe abg ini udh bawa nama Indonesia pak olimpiade akuntansi, jago lah pokoknya, iya serius ini pak, 2 org kwnku"
"Yaudalah, brp biayanya"
"300rb sebulan pak, 2x pertemuan dlm seminggu"
"Ih mahal juga ya, yaudah les lah"
Dari kata mahal ini sbenarnya bapak berat tp dia tetap blg iya sm borunya, gimana supaya anaknya ngerti dan bisa ngikutin pelajaran di kampus. Dia tempuh cara apapun buat bisa membiayai sekolah kami. Teringat lagi sm lagu 'Anakkonki do hamoraon di au' huhh jd mewek.

Semester 1, 2 dan 3 nilai cukup memuaskan, dan lulus beasiswa. masuk ke semester 4 yang di awal aja sdh meribetkan, blm lg dosen nya makin killer. Dan trnyata dosen yg pernah di skors 2 tahun itu masuk di klas kami. Huhh, cuma bisa tarik nafas buang nafas. Selalu mncoba mncocokkan diri dgn ini dosen. Dan ya ternyata benar feelingku, setelah uts dia cari masalah smaku. Dia yg cari msalah atau aku ya? Hahaha. Dia! Dia! Dia dosen yg selalu membuat hati mahasiswa cenat cenut, dia yg selalu buat mahasiswa galau, dia yg selalu mmbuat mahasiswa krg tidur, dia yg selalu mmbuat mahasiswa khawatir, dia yang tak jarang mncela dan menghina mahasiswa, dia yang srg cari ribut sama mahasiswa (kalau ngingat kesalahan org jago bener yaa yaampun manusiaaa nopa nopa hahaha :( ) dan tak jarang dia membuat mahasiswa depresi. Sama yg kayak kualami.  Dan aku sendiri dapat ancaman dr dia. Aku down! Ah bodohnya saat itu :") semester 4 semester yg paling kacau. Blm lg ditambah masalah2 yg lain. Duh yaampun ini otak rasanya pengen pecah saat itu jg. Lengkap sekali rasanya saat itu.

Singkat cerita aku ngambil keputusan sendiri, aku menunda kegiatan akademik kuliahku, dan org bapak tahu belakangan. Semua meninggalkanku, bahkan yg kuanggap sahabat menceritaiku di blakangku. Hai, apa kamu masih baik2 aja disana? Seharusnya kamu ngatain aku d depan wajah aku, kamu tunjuk aku, kamu tampar aku. Kamu ingetin aku, kamu tegur aku. But I didnt got it from you. You call me dear? You say we were bestfriend? Oh bullshit, you're fake friend. No no no sorry, Just a friend. Semoga kamu tenang ya disana haha. Semoga bayang2ku tdk menghantui kamu. Teman2 1 organisasiku di gereja ada bbrp yg mnganggap.. istilahnya apa ya, jijik kali ya wkwk, but i feel so grateful too, sikap kalian mengajarkanku utk kuat dan itu benar2 sangat menamparku. Dan ada 1 orang, orang yg dulunya sgt spesial, org yg dulunya kuanggap plg mngerti aku, dan ternyata.. ah sudahlah. tdk semua yg kita anggap spesial itu spesial menurut Tuhan. Dia tidak baik buatmu, mungkin Tuhan mau blg itu padaku. Karena keputusanku ini dia kecewa besar, melebihi kecewanya mamak dan bapakku. Itu bukti atau tanda sayangmu?? Hahaha, aku cuma bisa ketawa aja ya. Ga ada kata atau kalimat yg bisa kusampaikan mngenai gambaran hati ku saat itu. Kau mmbuatku jatuh. Jatuh sangat dalam dan seakan tenggelam. Sepertinya kmu manusia sempurna yg tdk prnah melakukan kesalahan. Aku benar2 dlm kondisi terburuk saat itu dan aku terpuruk, hidupku sangat bergumul. Aku gatau harus ngadu bahkan cerita sm siapa. But surely, i didnt hate you. Kukasihi kau dgn kasih Tuhan Yesus. *back* Bapak dan mamak kecewa. Mungkin kalau aku ada di keluarga org lain, aku bakalan di caci maki bahkan diusir orgtua, tp bukan itu yg kudapatkan.. sebelumnya aku seperti di ujung tanduk, rasanya hampir masuk jurang, bentar lg mau di sidang sm bapak.. kuberanikan diri menatap bapak saat di sidang, dan ya hal terburuk yg kupikir trjadi tdk ada yg terjadi sedikitpun. aku hanya bisa tertunduk dan nangis. Aku benar2 telah mengecewakan mereka. Bapak hanya menasihati dgn nada sedih. Sidang telah usai, life must go on. Keluarga berusaha mencari jalan keluar dan memberi kata semangat serta motivasi padaku. Aku sudah sempat bekerja sbagai phone verificator bank bukopin, namun tak berjalan lama. Mengisi waktu kosong aku berniat mencari kerja, tdk hanya menambah pengalaman tp skalian mau nabung biaya kuliah saat lanjut di bln 9 nanti, aku bertekad saat itu. Saat itu bapak punya ide lain, bapak usahain aku masuk kuliah di bln itu jg tanpa harus menunggu bln 9. Di polmed sndiri sdh jelas tdk bisa, aku harus mnunggu sampai bln 9, harus, ga ada tapi tapi an. Bapak menghubungi rekan2nya dan keluarga. Dia tanyain kesana kemari bagaimana caranya. Dia meminta bantuan bou utk mencari tahu bagaimana cara agar aku lanjut di bln itu jg atau plg tdk gk mnunggu trlalu lama. Stidaknya bln 2 kmrn sdh lanjut. Dan trnyata bou blg tdk bisa. Bapak dan mamak gk nyerah sampai disitu, mereka sibuk mendatangi tulang (sapaan org batak untuk paman),, dosen teknik elektro d UNIKA SANTO THOMAS MEDAN. Kebetulan tulang punya kenalan dosen polmed, trnyata gk mempan. Sekali ya ya, tidak tidak.. begitulah kampusku tercinta itu. Disiplin dan integritas yg kuat. So proud. Bapak dan mamak tetap gk nyerah, mereka rela aku pindah ke swasta yg penting langsung lanjut dan gk harus nunggu bln 9. Tulang jg berusaha keras mencari info sementara aku dirumah, mengurung diri di kamar dan mnangis sejadi-jadinya. Itu kesalahan terbesarku dan penyesalan terberatku. **dan ternyata tulang menyampaikan hal yg sama, aku harus tetap menunggu bln 9. Pindah jg mesti di semester genap. Akhirnya bapak mamak nyerah dan aku mmg harus menunggu bln 9. Aku hanya berdiam diri d rumah. Tetap aku jtuhkan lamaran kemana2 saat msh di Medan namun hatiku juga sperti sdh tdk nyaman di kota itu. Ingin sekali rasanya menghilang bbrp waktu agar tak bertemu org2 yg telah menggores luka di hati, semakin lama berdiam disana jg semakin sakit. Tbtb salah seorang sahabatku yg tlh lama tak kujumpai menanyakan kabar lwt bbm. Kami ngobrol2 saat itu di chat bbm dan aku brtanya dimana dia berada saat itu dan apa kegiatannya. Trnyata dia kerja di jakarta. Tak sungkan aku lgsg bertanya mengenai lowongan kerja dsana dan dia mnjawab 'banyak' hahaha, aku yg sdh dlm keadaan bosan lgsg bahagia rasanya pas baca jawaban 'banyak'.. blm lg dia blg "kok gk dr kmrn kau blg nang, aku gatau kau lg cuti. Kalau nggk kan udh sm mu kian ku tawarin, kmrn di t4 ku lg ada lowongan, yg pintar bhs inggris pula dicari, cocok kian samamu. Ditanyin manajerku ada gk temanku, ehe udh kukasi pula sm temanku yg dsni" cus harapan kandas sementara. "Iss sayang kali ya, yaudah lah yg mana yg ka tau aja biar kujatuhkan dlu lwt email. Dtg lah aku kesana ya, udh bosan aku dsni. Gk ada kerjaanku, cuma dirumah tidur2 mengeringkan tulang, bagus aku kesana, bisa skalian nabung uang kuliah buat bln 9"
"Yauda jatuhin aja dlu gausah lgsg dtg, nnti blm diterima jd lama jg kau nunggu disini, jakarta kejam nop, serba mahal dsni"
"Ah adanya itu nanti dapat"
"Yauda kaulah, tanyak dulu sm org bou"
"Oke"

Dengan perasaan takut, pas lg bantuin mamak masak kuberanikan diri nanya mamak "mak, kata si gres banyak lowongan di jkrta. Ksana lah aku ya"
"Ah ngapain pala kesana jauh kali kau, dsni pun byk kerjaan"
"Ah payah dsni mak, ksana aja lah aku, disni pun aku ga ada kerjaan, busuk nnti badanku ini. Kan lumayan kalau udh kerja aku nnti dsna bisa skalian utk biaya kuliahku (berusaha meyakinkan mamak"
"Ah gaktaulah mamak itu, bapaklah tanyak"
"Gak berani aku mak, mamak lah yg tanyak"

Malamnya bapak nelpon mamak, kami ldr-an dgn bapak. Bapak pulang 1x 3 hari kadag jg 1x seminggu. You know lah, pekerjaan yg menuntut bapak seperti itu.
Aku nguping dr dlm kamar..
"Pak nop (org batak biasanya manggil suami bgitu) sinopa katanya mau ke jakarta. Iya gimana ini, kau kasinya?"
"Ahhh ngapain dia pala kesana. Dipikirnya enak2 hidup disana"
"Itulah ku blg, gataulah kau la ngomong sm dia"
"Ohho, siapa mau dijumpainnya disana, bukannya ada keluarga"
"Si gres katanya disana kerja. Ngapain lah dia pala kesana kan. Dsini pun banyak nya kerjaan"
Ga ada mak payah dsiniii (aku nyahut dr dlm kamar)
"Hah kau dengar itu kan pak nop, nah ini ngomong lah kau sm bapak nop"
"Ah ah mamak lah yg blg"
"Yaudalah tunggu plg lah nnti kita bicarain d rumah" sahut bapak

------------------------
Mamak berat ngasi aku pergi, katanya "gk ada nnti yg ngajarin adek2mu sm bantuin ngerjakan pr"
sblm aku memutuskan pergi aku pun telah memikirkannya, aku jg merasa berat pergi karena adek2ku. Aku rasakan perkembangan adek2ku selama aku di rumah org mamak (sblmnya aku tgl di rmh maktua). Adekku yg cowok yg biasanya malas belajar mulai buka buku tiap malam, kadang dia lgsg manggil aku "nopa ada pr ku, ayok dlu kita kerjakan"
Blm lg adekku cewek yg plg bontot kls 3 smp, yg akan menghdapi UN,dia gk ada ikutin les di bimbel.. hanya bermodalkan pelajaran di sekolah dan buku2nya, but I am so proud of her, dia tak merasakan fasilitas pendidikan yg prnh kurasakan, tp dia selalu jd juara di sekolah mulai sejak SD. Dia selalu bercerita ttg temannya yg les di Ganesha Operation (GO) , di medica, ssc dll, srg kali aku sedih mndengarnya, "kasian ade2ku, pdhl aku dlu ngerasakan bagaimana mewahnya fasilitas pendidikan yg org bapak sm mamak kas" dlm hatiku aku berucap. Sejak SD aku sudah di les kan bhs inggris oleh orgtuaku. Masuk smp kls 1 jg tetap di leskan. Hanya saja kls 2-3 org mamak tdk keluar biaya utk les bhs inggris ku, aku dpt beasiswa les di ILP (International English Program). Yg biasanya org les mmbyar 1jt/3 bln but I got it free. Itu salah satu kebanggaan bapak mamak saat itu. Tak hanya disitu, aku jg di les kan orgtua ku di bimbel, berlanjut terus sampai sma. Kwn bapak prnah blg "hebat kau bah, org kaya sana aja blm tentu anaknya diginikan. Mantap mantap" (bapak prnah cerita sm kami)
Dengan perjuangan yg cukup besar dan dgn rayuan mautku akhirnya aku dibolehkan pergi ke jakarta dan keluar kalimat bapak "yaudah bagus2 lah kau nnti disana. Kan kalau udh enak nnti kerjamu dsna ya dsana pun bisanya lgsg lanjut kuliah, tp kalau gk lancar balik lah ke medan, lanjut dsni"
Si mamak yg realistis, you know lah gmna pandangan mamak mamak "ya kalau balik nya ga bawa apa2 sayang kali lah ongkos sm waktu mu itu, mending dsni"
"Ah ho pe, kan lumayan udh dpt pengalaman dia, udh dirasakannya gmna merantau"
Memang bapak yg plg tau isi hati borunya. 4 jempol kukasi sm bapak hhe.

Aku memutuskan merantau karena aku gk mau memberatkan org bapak mamak dsana, aku tau aku akan tetap bisa melanjut kuliah tanpa aku harus kerja. Orangtuaku mmg gk prnh ngeluh dgn setiap biaya sekolah yg diperlukan, tdk prnh bersungut-sungut dgn biaya inila itula blablabla, tp kita gatau apa yg dipikiran mereka, mungkin aja ekonomi saat itu lg ga ada tp mereka gamau nunjukin ke kita. Mereka dengerin rincian biaya nya dgn diam, kadang kita gatau kalau mereka lg mikir drmana dpt itu uang, drmana bisa bayar ini itu. Orgtua batak terkenal dgn kerja keras dan perjuangannya demi anaknya. "Nang so tarihut hon au pe angka dongan ndada pola marsak au disi. Alai anakhonki da dang jadi hatinggalan sian dongan mangodang na i" itulah spenggal lirik lagu terkenal di kalanga batak ttg perjuangan orgtua demi anak2nya. Namun dibalik itu semu bukan itu yg kupikirkan, tp adek adekku! Mereka lbh butuh biaya drpd ku. Pengen sekali rasanya aku nolong biaya sekolah mereka saat ini jg, pengen nunjukin gmna rasanya saat aku dlu di fasilitasi pendidikan yg serba ada. Mereka tanggung jawabku, masa depan mereka jg merupakan bagian dr tanggung jawabku. But, wht can i do now? Blm bisa. Mungkin blm waktunya. Hanya dgn cara sperti ini aku bsa nolong mereka saat ini. Dgn tdk memberatkan biaya kuliahku pd orgtuaku. Dr dulu, impian terbesarku, kuliah dgn biaya sndiri. Sampai skrg blm terwujud namun aku janji akan merealisasikannya bln 9 nanti.

Sekarang aku udh mulai ngerasain yg namanya hidup di perantauan. Mulai ngerasain sakitnya hidup di kota orang. Benar kata orang, tgl di kampung sendiri lbh maknyos rasanya. Saat gaji mulai menipis di bln tua, saat biaya makan sdh hbis sblm tanggal gajian, saat sakit harus ngerawat diri sendiri, saat takut gabisa manggil dan ngajak mamak buat nemenin, saat rindu melanda. Semua nya serba sendiri. Uang makan ga ada? Cari kawan yg di kostannya stok beras masih banyak, nyari kwn yg tgl sm orgtua, nyari kwn yg berbaik hati belikkan makan, nyari kawan yg stok gaji nya msh banyak, intinya nyari bantuan ke org lain. Ga ada istilah ngadu atau merengerk ke orgtua. Apalgi yg baru2 merantau ini, perjuangannya berat kali. Biaya yg dibutuhkan jg besar. Ah payah blg lah, Kamu merantau ajalah biar tau gmna rasanya. Tersirat di pikiran utk minta sm orgtua aja gk ada. Mereka bkn gak ngasi, tp kita2 yg merantau ini takut membebani pikiran mereja, takut mereka khawatiran disana, malah kalau bisa bkn awak yg minta duit tp awak yg ngirim duit, ya walaupun cuma bisa ngirim uang buat beli beras, itu udh puji Tuhan kali rasanya. Bapak sm mamak selalu nanya di telpon "msh adanya uang makanmu?" Selalu dgn jwbn yg sama, masih pak.. masih mak.. pdhl cacing2 di perut udh keroncongan dan air di pelupuk mata sambil menetes. Bapak selalu blg "jangan kau bohongin kami, kalau memang gaada gaada, blg aja terus terang, jgn pula nnti kelaparan kau dsana nop", "iya pak iya". Kami belajar kuat, belajat mandiri. Belajar menjadi wanita tangguh. Apalgi boru batak, ahh jangan ditanyaklah. Nyesal kau lek kalau gk ngambil boru batak. Serius ini ku blg. Percayalah sm ku, biar gk nyesal kau nnti. Hhahha.

Ga ada yg bisa ku tutupin dr bapak, kebohongan apapun itu pasti terbaca oleh bapak skalipun gk tatapan muka, skalipun gk jumpa, skalipun dipisahkan oleh jarak dan waktu tp bapak selalu tau. feeling nya kuat, kuat banget. Setiap kali merasa sendirian, setiap kali merasa lapar bapak lgsg tanya dan tau. Aku selalu jwb enggak atas tuduhannya, namun Beliau selalu blg "alah mau bohong lg kau. Gausah kau kekgitu nop. Jujur2 ajlah sm bpak". Ya bgitulah tiap ditelpon kita hanya mengelak. Kalau udh ngelakuin kesalahan bapak jg pasti tau dan selalu saja aku jg punya firasat kalau bapak sepertinya mngetahui, hanya dgn melalui telpon tp aku takut utk menjawab atau berbicara. Oh God Im so thankful for my great family, They are the most precious treasure in my life!!!

Tak lelah aku bersyukur kepada Tuhan terkhusus buat sahabat yg dikirimkannya padaku, satu2 nya orang yg kupunya di perantauan.. Gresia Hutabarat. sahabatku sejak SD yang selalu bersaing secara sehat dgnku saat kami 1 kelas. Gk prnah musuhan karena nilai, bahkan kadang diskusi bareng. Kalau bukan aku yg juara 1, pasti dia. 1 dan 2 selalu ditempati oleh kami berdua. Sampai hari ini dia msh tetap menjadi sahabatku. Dia sosok gadis cantik yang membawaku ke kota ini, satu2 nya saudara yg kupunya dsni. Dia tak lagi sebatas sahabat tp dia sudah sperti kakak. Perhatian nya dan kepeduliannya padaku layaknya seperti saudara kandung. Oh I love you so much. Dia yg gak tanggung2 ngomelin aku kalau aku udh malas, kalau aku mulai bandel, kalau aku mulai jajan, kalau aku jalan sm org yg menurut dia gk baik, apalgi kalau aku udh salah. Dalam hati dan doa aku blg "ini dia yang aku cari Tuhan"
Lebih baik teguran yg nyata2 daripada kasih yang tersembunyi, ayat dr kitab Amsal ini selalu aku ingat. 1 lg, seorang kawan (sahabat) memukul dgn maksud baik tp seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. Setiap dia marah dia srg bilang "gak suka kau ya terserah lah nop, mau sakit hati pun kau biarlah, tp aku mmg kekgitu orgnya.. langsung2, aku mau org yg di dekatku berubah jd lbh baik". Aku hanya bsa jawab "enggak, gk prnh aku sakit hati.. terukanlah marahmu kalau itu demi kebaikanku" dia nasehati aku habis habisan. Prnh sekali aku tanyak "gres, kayaknya suka aku sm abg itu. Gmna itu, abg itu ngajak jalan?" Tor dialusi ibana (dia lgsg jwb) "unang nopa, molo halak ion do unang pola, godang di portibi on na umganteng sian ibana, manajer pe molo dang seiman unang. Sek godang baoa di jkt on" *yg gatau artinya search di google translate ajaya heheh*
Kadang pas dia pergi kerja dia masak sarapan kami dlu, ahh pokoknya the best kali lah ini anak. Saling mmbantu, saling tolong2an, saling mendoakan. Udh klop kali. Kadang ketawa gk jelas pdhl ga ada kata yg terucap. Cuma slg liat2an udh lgsg tau apa yg lucu. Teringat pas ibadah subuh, kami duduk disamping spasang opung doli dan opung boru.. pas khotbah kami buka alkitab ehh si opung malah baca alkitab dr kitab suci elektroniknya, dia geser tuh trancpad ke atas ke bwah sambil baca alkitab. Gilllaaaa hahha, gauull banget opung ini. kami salah fokus karena tuh opung, rap mekkel ma hami. Kalau si gres udh marah, rasa takutku sm kayak rasa takutku pas bapak mamak marahm yaampun, kok bsa gitu yaaaaaaa -_-" Aku berharap persahabatan kita gak lekang ditelan waktu ya wek. Jgn capek ngingatin aku kalau aku salah kak, jgn bosan ngomelin aku kalau aku mulai bandel but jgn berhenti2 jg doain aku dan persahabatan kita yaaaa :') I love you fully, buddy :*

Tak kalah lg yg buat ku bersyukur dpt teman2 baru di jkt, thanks God semuanya Kau limpahkan bagiku. Disini perantau batak kalau udh jumpa lgsg pakai bahasa batak, nah aku yg msh terbata2 dgn bhsa batak dan gatau bicara batak hanya bisa diam mngartikan apa yg mereka bicarakan. Kadang mereka nanya dlm bahasa batak aku jwb nya pake bhsa indonesia hahaha. Aku bersyukur ketemu mereka, akhirnya skrg aku bisa ngomong batak walau msh ada bbrp kosa kata yg aku blm tau, tp aku udh lbh srg ngomong pake bahasa kami dimanapun itu kalau udh sm kwn2. Apalgi kalau udh ada yg lucu.

Dan lagi aku mau bersyukur buat orang2 yang sampai sekarang msh ada bersamaku skalipun aku pernah gagal dan jatuh, aku bersyukur buat orang2 yg udh nolongin aku selama proses di perantauan. Aku bersyukur buat abang dan kakak ku yg gk lelah nyemangatin aku.. buat bang Agus yg srg ngirimin recording video dan lagunya, lagunya srg nyentuh hati jg memotivasi, dan sungguh salut dgn abg ini. Kelihatan dlu masa mudanya berjuang dgn baik sehingga skrg bisa menikmati hasil nya dgn bekerja di luar negeri. Buat bang Indra Sinaga yg udh kayak abang sendiri, yg masukkin aku ke grup Gema PPTSB, yg selalu menjadi teman sharing dan curhat, udh seperti abang pembimbing rohani. Yg srg ngingatin aku jg kalau aku salah, yg selalu nasihatin aku, yg selalu ngingatin aku gmana baiknya berteman di perantauan, yg gk capek buat nelpon aku walau kadang telponnya gk diangkat wkwk maaf ya bg itu efek kerja bukan di sengaja :D jgn capek2 nyampein informasi terbaru dan nanyak kabar ku ya bg hahaha.. buat bang Jhonson yg udh nolongin aku pas mau kerja, dan selalu ngingetin buat rajin ibadah, kak melda, dan kakak abang lainnya yg selalu motivasi aku. Tuhan memberkati pekerjaan tangan kalian kak bang, dilimpahkanNya rejeki dan diberikan kesehatan buat semua keluarga kita.

Aku gk prnah berani bilang "aku sayang bapak, mamak, adek" secara langsung, gk prnh berani blg "aku sayang kau gres" atau sm siapapun itu, aku jg gatau kenapa bibir ku atau hati ku atau apalah namanya, aku tak prnah berani mengutarakan secara langsunh perasaan ku pada org. Sama seperti saat ini aku rindu dengan bapak mamak adek2ku, opung dan semua orang yang ada di medan, aku hanya bisa mengungkapkan apa yg ku rasa mlalui bahasa, kalimat, da kata2 yg hanya tertuliskan melalui sms maupun media. Haha, sungguh aneh.... tapi nyata.

Aku akan berjuang mati matian saat ini, demi untuk mnikmati hasil yang baik di masa tua. Agar kelak ketika tua, aku hanya tinggal membagikan cerita perjalananku dgn generasiku. Hai guys, tiap kita pasti punya pengalaman hidup, baik itu manis maupun pahit, gausah nyerah.. kita masih punya harapan, setiap kali kamu ingin menyerah dan seakan ga ada harapan, ingatlah siapa2 saja yg masih butuh kamu, ingatlah siapa yg blm kamu bahagiakan. Masih ada orang yg harus kamu bahagiakan, masih ada hidup orang lain yg harus kamu perjuangkan. Kamu hidup bukan hanya dgn dirimu sendiri, tp ada keluarga. Mereka yg wajib kamu bahagiakan. Ingat tanggung jawabmu :) and the last, you are so precious in God's eyes. Hidupmu berharga bagi Allah tiada yg tak berkenan di hadapanNya :) yuk kita yg pernah merasa gk berarti mulai menata hidup kembali, mendaur ulang hidup kita agar jadi produk yg lbh baik. Tuhan gak pernah nyiptain produk yg gagal kok. Semangat kawan!!!! Bergegaslah sambut masa depan {}

Im so thankful for who I am. Lord, please bless my dearest family and all my close friend, give me strength and lead me more Lord Jesus. I believe everything will be allright if I walk with You. I love you so much.

Sabtu, 05 Maret 2016

Suddenly, i am thinking about you -latepost 27 Feb

Tak biasanya seperti ini, belakangan ini mengingatnya kembali, apa yg terjadi Tuhan? :") biasanya aku jg lihat video cover 'aut boi nian' ini biasa aja, hanya terkagum sm gitaris yg memainkannya, namun mengapa hari ini tiba-tiba aku jd mengingatnya kembali, teringat akan rekaman suaranya yg pernah menyanyikan lagu ini untukku. Oh Tuhan, kenapa aku kembali bersedih. Padahal dlm kurun waktu sebulan ini aku sdh bisa tdk mengingatnya lagi, tp kenapa ink terulang? ""((

Apakah 3 tahun waktu yg kami jalani bersama itu hanyalah kesia-siaan? 3 tahun menjalin hubungan, dimana dsana ada rasa saling menyayangi, saling menjaga, saling melindungi, saling support dan membantu, apakah itu hanya kepura-puraan? Apakah rasa itu msh ada padanya Tuhan?

Lihatlah tetesan air mata ini Tuhan, bukan aku yg memaksanya keluar namun dialah yg mengalir keluar dr pelupuk mata begitu saja, hingga hati ikut merasa semakin teriris.

Mengapa harus teringat ku kembali? Mengapa aku harus membayangkan wajahnya lagi, mengapa aku harus mengingat kejadian yang lalu. Bukankah dia telah sangat menyakitiku Bapa? Mengapa Engkau mengijinkan kembali memoriki mengulang kembali rekaman moment yg telah usai itu "(

Jika memang telah usai kisah diantara kami tolong jangan ulangi lg Bapa, Engkau tak akan mengijinkan dia menyakitiku lg kan Tuhan? Bahkan secara tdk lagsung hanya dgn ingatan ini sdh sangat menyakitiku Bapa, sangat menyakitiku. Bapa tahu kan bahwa saat ini aku sedang fokus di apa? Aku mohon Tuhan jauhkan iblis yg hendak menggodai pikiranku, yg merusak rencana, target dan harapanku. Biarlah kiraya pikiran dan mataku tertuju padaMu sj ya Tuhan.

Setelah dia meninggalkan ku Tuhan pasti tahu kan siapa saja yg dtg mendekat namun aku megabaikan dan menolak mereka, bahkan orang sudah serius pun aku menolak. Tuhan pasti tau semua itu karena apa, aku tahu Bapa Engkau mengetahui hatiku jauh melebihi semua yg terdekat sekalipun dgnku, mengetahui hatiku bahkan lebih dr yg aku tahu. Aku takut Bapa, aku takut tersakiti lg, aku takut merasa hancur lg hanya karena perasaan.

Engkau tahu Tuhan lelaki yang saat ini sedang ku tanggapi, namun tak kuberikan perasaanku padanya meskipun dia memberikan hatinya, bukan inginku menyakitinya Tuhan. Aku hanya ingin menelaah, aku hanya ingin teliti, aku hanya ingin berhati-hati, aku hanya ingin menjalani hidupku seadanya tanpa membawa perasaan dlm setiap persoalan apapun, karena telah terjadi dan terbukti ya Tuhan, perasaan lah yg membuatku menjadi hancur seperti ini, perasaan lah yg membuatku menjadi menderita sperti saat ini, perasaan lah yg membuatku buta, tuli, bahkan sperti org yg tdk bisa berpikir seperti saat itu.

Aku tak ingin mengulanginya Bapa. Pimpin aku terus Tuhan. Kan kuberikan seluruh hatiku padaMu. Bawa aku ke jalan yg Engkau inginkan. Baharui hidupku O:)

Terkadang perasaan itu terlalu kejam... -latepost 28 Jan

Aku masih ingat pertama kali aku mengenalmu. Aku masih sangat mengingat saat pertama kali kita mulai dekat. Dan aku jelas masih ingat semuanya yg pernah kita lalui sejak pertama kali kita menjalin kisah hingga akhirnya berpisah seperti ini.

Setiap kali aku membencimu saat itu juga muncul kenangan denganmu dalam benak da pikiranku. Aku tak bisa membencimu bagaimanapun caraku, sebagaimanapun kau menyakitiku, seperti yg saat ini sdg kurasakan, tp tetap saja aku selalu mengingat semua kebaikan dan tawa yg pernah kau hadirkan dalam hidupku. Namun balik kuingat lg, dr sejuta tawa yg kau hadirkan, ada milyaran tangisan jg yg telah kau ciptakan dlm hidupku.

Sejak kau mengambil keputusan itu aku sangat kecewa. Kecewa, kecewa kecewa sekali. Tak hanya kecewa namun juga sangat sakit. Sakit yang sungguh mendalam dan menyayat. Seperti ini yg kau namakan break? Seperti ini ujung yang kau inginkan? 3 tahun waktu yang sia-sia, aku selalu dibodohi oleh perasaan ini. Selalu.

Sejak saat itu muncul kebencian pd dirimu dengan sepenuh hati dan jiwaku. Selalu muncul dlm pikiranku kau orang yang jahat, kau tdk punya hati bahkan perasaan. Kau mampu melukai hati seorang wanita yang sangat lembut :" kau tau aku wanita perasa, kau tau aku wanita tidak tegaan maka dr itu kau dgn gampang dan merasa tdk bersalah ketika menyakiti dan atas semua yg telah terjadi selama ini.

Sakit sekali rasanya. Kau menusuk duri-duri tajam di seluruh tubuhku, mengapa kau sejahat itu? Seperti bkn org yg ku kenal selama ini :" Masih ingat ucapan selama ulang tahun yg kusampaika hari ini padamu? Aku menyadari, itu adalah ucapan yang terkasar yg pernah kulakukan. 1 harian aku memikirkannya, memikirkan apakah dgn bahasa ku aku telah menyakiti mu.. aku yakin iya. Hanya dgn bahasa aku telah menyakitimu disaat hati berbahagiamu :""") aku sangat menyesal. Aku bukan orang yang kasar. Tapi apa yg dapat kulakukan, aku benci setiap kali aku mengingat perbuatanmu, megingat kau yang telah menyakiti tp tak pernah mengatakan maaf. Disaat itu jg aku menyesal dgn kalimat yang kusampaikan. Aku telah menyakitimu. Aku telah menyakitimu. Seharian aku berpikir untuk segera meminta maaf atas ucapanku padamu namun muncul lg dalam pikiranki, engkau saja yg sdh sangat menyakitiku dgn sungguh mendalam tak pernah mengatakan maaf padaku, untuk apa aku menyampaikan maaf hanya karna kalimatku yang seperti itu?

Maria Shandy - Mengampuni. Saat itu jg lagu ini kuhidupkan di ponselku. Aku hanya dapat menangis sejadi-jadinya dgn apa yg sdh terjadi. Aku menitip permintaan maafku padamu melalui Tuhan, semoga saja Bapa menyampaikan nya dgn segera padamu. Namun hatiku kembali menolak akan keputusan itu, mungkin Tuhan menegurku. Muncul dlm pemikiranku bahwa aku harus segera dan lgsg dgn sendirinya meminta maaf padamu. Dan ya, aku setuju dan bersepakat dgn pikiranku.

Aku bukan orang yang sepertimu, hanya dgn kalimat kasarku saja aku sdh sangat merasa bersalah padamu, namun dirimu? Kau telah menyakiti bahka menghancurkan hidup seorang wanita tapi tak ada sedikitpun rasa bersalahmu. Sejujurnya dan sebenarnya aku bingung da berpikir, manusia tipe apa kamu ini? :"""")

Apa arti dan guna dr semua kebaikan dan kebersamaan selama ini? Apa artiny?? Kau jahat. Kau jahat. Kau adalah orang jahat!!!! Sekalipun logika ku tdk dpt mengalahkan perasaanku, aku aka terus mencoba utk mengalahkannya. Sekalipun aku wanita perasa dan tdk tegaan... UNTUKMU!! Khusus untukmu! Aku akan menjadi wanita yg tidak akan memikirkan sakit atau tidaknya hati bahkan dirimu!

Minggu, 29 Juni 2014

Saatnya Indonesia memilih~

Hai sobattt,,, sudah lama tak menyapa kalian yang setia untuk mampir ke blog saya ini. Apa kabar semuanyaaa???? apaaaaaaa??? kurang keraassss???? (*ngomong sendiri hahaha) yahhh saya harap kalian semua dalam keadaan yang luar biasa baiknya.. sama saat saya sedang ngeblog ini, kondisi saya amat amat sangat luar biasa baik (*lebayyy banget ya kan hihiii :D)
Nah kali ini saya mau ngepost tentanggggggg... tentang apa yaaaaa? ada yang tahuuuuu?? yowessss langsung saja kalian baca ya, nanti juga bakalan tahu sendiri :)

Gak terasa ya udah tahun 2014 aja, udah saatnya lagi kita memilih presiden yang baru untuk memimpin negara kita ini, padahal rasanya baru aja kemarin pemiluuu (*lebayyy) wkwkwk. Nah buat kawan kawan yang udah punya hak pilih aktif udah tahu gak siapa kandidat yang akan dipilih??? pastinya udah dong yaa, siapa ituuu? kasitau lahhh? wkwkw kepo banget nih gue. Hem, siapapun kandidat yang akan menjadi pilihanmu itu adalah hakmu. Jika ada yang keberatan dengan pilihanmu artinya dia sudah melanggar hak asasi mu itu :D salah satu hak asasi dasar manusia kan hak dalam menuntut kebebasan. ya nggak? ada lagi hak untuk bebas mengeluarkan pendapat. nah jadi kalau dia melanggar hak mu itu, langsung aja lapor ke komnas HAM hehehehe :p 

Hem, tahun ini kayaknya pemilu nya sesuatu kali yah.. sebelumnya kalau ada pun pemilu.. masyarakat Indonesia tidak terlalu care dan tidak sampai tahu-menahu dengan latar belakang para calon capres, mau apapun latar belakangnya yowessss, siapa looo siapa gue?? yah pokoknya gue nanti nyoblos capres nomor segini. dia kan saudara gue, dia kan sering muncul di TV, kelihatannya dari mukanya dia baik nih, dll. gitu kan??? paling tidak cuma orang orang yang aktif di dunia politik yang sibuk dengan hal hal se-detail tu. Namun kita bisa liat bagaimana keadaan sekarang kan???? gueee acungin jempol deh buat masyarakat-masyarakat Indonesia yang mulai membuka hatinya untuk ikut tahu-menahu mengenai politik. Sampai-sampai tahu mengenai latar belakang para calon capres dan cawapres. Wahhh semoga saja untuk seterusnya kita kita yang mulai care ini begitu selanjutnya ya, jangan hanya untuk pemilu ini aja :)) *ehehehe

Yaa sejujurnya aku termasuk dalam orang orang itu hihiiii :D Umurku sekarang 18 (november baru 19thn *promosii nih certanyaaa hahaha) ini akan menjadi tahun perdana ku untuk memilih calon presiden yang akan memimpin negara ku, kamu, KITA selama 5tahun kedepan :) awalnya aku tak peduli, mau siapapun itu presiden yah cukup liat visi misinya, liat wajahnya yang mana yang kelihatannya orang yang baik, dll lah. Pasti ada yang ngoceh pas baca pandanganku tsb. ya kan? ehehehehe saya dengan lapang dada menerima kritik dan saran anda, dan saya mengaku salah atas paradigma saya tsb (*okeee kembali ke capres lagi) Tahun ini capres-cawapres kita cuma ada 2, wahh berarti mereka ini spesial dan mantap dong ya kan, mereka bisa ngalahin capres2 sebelumnya yang ikut mencalonkan dirinya sebagai kandidat. ketika aku tahu bahwa capres jadinya cuma 2 aku langsung penasaran, siapa yah kandidat-kandidatnyaaa??? dan pertanyaanku telah terjawab oleh dosen msdm ku, namanya Pak Zuardi. Saat itu beliau tbtb mengungkit tentang capres, dan dia memberi kami sedikit ilmu baru.. yaitu bagaimana cara memilih capres yang ideal (hanya bagi orang masih kebingungan dalam memilih pilihannya) lalu selanjutnya beliau mulai menjelaskan ilmu baru itu antara lain, capres yang ideal berdasarkan ilmu msdm, ilmu statistik dan ilmu akuntansi. dan secara tidak dsengajai pertanyaanku telah terjawab saat itu juga. Kandidat nya ada 2 yaitu Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta (*semua pasti udah tau ya kan :D) Dengan spontan aku langsung bilang sama teman sebangkuku " wah cuma mereka ya kandidatnya, aku mah udah pasti pilih jokowi dong" (*bagi pendukung prabowo jgn ngoceh dulu ya, ingat yang aku bilang tadi... setiap orang punya pilihannya masing-masing :D) nah kespontanan ku itu juga menimbulkan tanda tanya bagi orang-orang yang tidak tahu alasan mengapa aku memilihnya, aku blm jelaskan disitu. kalian juga blm tahu kan?? pasti ikutan penasaran apa alasan milih jokowi.. iya kan??? hayooo ngakuuu *ehhh apaan sihhh wkwkwk :D pada saat iu aku cuma punya alasan yang sangat simple kenapa memilih beliau, 1. Sebelum-sebelumnya aku sering dengar dan baca mengenai prabowo kalau dia terlibat kasus pelanggaran HAM pada mahasiswa pada tahun 1998, aku juga sering melihat dan mendengar beritanya di TV walau hanya sekilas. Sebenarnya jujur sampai sekarang aku tidak tahu apakah itu benar atau tidak, namun aku langsung mengambil kesimpulan kalau itu benar adanya. 2. Jokowi orangnya sederhana, kelihatan dari wajahnya kalau dia orangnya rendah hati dan tidak sombong(*gatau sih itu benar atau enggak, yah pandangan aku pribadi tentang dia ya begitu) 3. Aku tonton di berita, ada dia disana.. aku dengar pada berita itu.. Dia adalah salah satu walikota terbaik di Indonesia dan dia telah menciptakan perubahan dikota SOLO tanpa ada perkelahian,sistem paksa, pukulpukulan dan kekerasan lainnya. 4. Aku sering dengar opung ku cerita tentang kebaikan JOKOWI, dan iseng-iseng dia juga bilang kalau dia pengennya presiden selanjutnya adalah jokowi. Cukup 4 alasan simple ini yang but aku dengan spontan memutuskan kalau aku memlih jokowi. 

Nah ternyata alasan yang 4 itu tidak cukup untuk memantapkan pilihan, siapa tahu ternyata pandanganku itu salah ya kan.. nah selanjutnya yang buat aku makin tertarik untuk care sama capres ini adalah Pak Rikwan. Beliau adalah dosen statistik ku yang dulunya saat mahasiswa adalah ketua senat di Universitas Sumatera Utara (USU). Biasanya kalau mantan mantan ketua senat gitu peduli dengan dunia politik ya kan, BIASANYAAA :D (*gak semua juga) saat kami sedang mencatat pelajaran yang baru saja diajarkannya, tbtb dia membuka pembicaraan dengan mulai bertanya "siapa pilihan capres kalian? udah ada?" ada yang jawabbb PRABOWO, ada juga yang jawabJOKOWI, aku hanya diam saat itu sambil melanjutkan catatanku, aku tidak terlalu peduli wkwkwk. Selanjutnya beliau mulai menceritakan bagaimana kejadian saat tahun 1998 itu. Dia termasuk dalam mahasiswa yang ikut demo untuk membela hak asasi mahasiswa, teman sejawat mereka yang ada di Univ TRISAKTI itu, walau tidak sekampus, tapi mereka punya jiwa toleransi dan kepedulian yang besar hingga mereka sampai ikut-ikutan dalam demo itu sampai sampai mereka mengajak dosen mereka untuk ikutan juga membela, padahal resiko nya lumayan besar.. mereka bisa saja ditangkap polisi. Ternyata benar-benar resiko nya lumayan besar, emang sih tidak tertangkap oleh polisi tapiiiiii....... pas dia nyampe rumah udah ada aja surat pemberitahuan dan panggilan kepada orangtua mereka yang ikut berdemo, yah alhasil beliau direpetin deh sama orangtuanya wkwkwwkw. Saat itu juga aku mulai tertarik dengan cerita pak Rikwan, dan memutuskan untuk meninggalkan catatanku sejenak lalu memalingkan wajahku kearahnya sambil melipat tangan hehehe. Beliau cerita banyak mengenai kasus tahun 1998 tsb, dan aku mulai membayangkan kondisi demo tahun 1998 itu, wah aku merinding sendiri membayangkannya, pastinya keadaan Indonesia sedang kacau dan riuh banget itu. Dari cerita beliau aku juga mulai tahu kejadian tahun 1998 itu. Lalu beliau melanjutkan cerita mengenai Jokowi, dia memberi tahu apa saja yang telah dikerjakan Jokowi selama menjadi walikota SOLO, bagaimana dia memindahkan PKL yang sembrono jualan di trotoar dengan cara yang bijak nan lembut. Banyak cerita cerita beliau mengenai masa lampau, pengetahuan ku semakin bertambah, ya aku menyadari itu. Dia juga menceritakan bagaimana masa pemerintahan Soeharto dulu, dan Aburizal Bakrie seorang mafia yang juga adalah teman Prabowo. Yaaa dari cerita beliau aku semakin tertarik untuk mencari tahu mengenai latar belakang dari kedua capres itu. Aku tak ingin salah memilih dalam hak ku untuk memilih presiden yang perdana ini, aku harus mulai peduli dengan nasib bangsa ku, aku harus meningkatkan rasa nasionalisme dalam diriku, kalau bukan sekarang mau kapn lagii? (*esseeehhh) ketika aku punya waktu luang, aku mulai mencari tahu mengenai kehidupan mereka sedikit demi sedikit melalui om google. Tiap minggu aku juga telah stay di depan TV kira2 setengah jam sebelum debat capres dimulai :D aku ingin melihat dan membandingkan pendapat, pengalaman dan ide-ide kreatif yang disampaikan kedua capres tsb. 

Nah dan setelah aku baca di internet yang berasal dari sumber sumber berbeda, aku tetap pada pilihanku Jokowi-JK. Aku telah banyak membaca postingan orang orang yang ada di kompasiana. Sejauh ini aku tetap akan memilih dia, tidak terlepas dari itu, yang membuat aku juga semakin yakin dgn pilihanku karena aku juga telah membaca buku biografi Jokowi dan Ahok( salah satu orang yg ku kagumi).

Hem, sangkin spesialnya juga kedua capres ini, banyak orang yang saling debat dengan kawan sendiri hanya karena beda pilihan. hahaha sangat lucu rasanya hanya karna capres pertemanan jdi rusak. hey kawannnn, tiap orang udah punya pilihan pribadi loh, masa eloonya sewooottt. jangan lah maksa orang lain buat milih pilihan kau. Ya aku sendiri ngalamin hal itu, teman sekelasku sendiri banting bku biografi jokowi yang aku pinjam dari perpustakaan kampuskuu, wahhh paraaaahhh ahhh masa sampe segitunya, salah gueee apaaaaa brooo? Dia tbtb datang ke tenpat dudukku,, awalnya cerita cerita ehh pas dia lihat buku itu dia ngoceh, ngambil buku trus lsung banting sambil bilang "Siapa yang baca buku ini?" dengan suara yang lantang aku langsung jawabb "AKUUUU, kenapa? ada masalah?" ehh dia malah makin ngeyel.. dia malah menjelek-jlkkan jokowi. yah anee sebagai orang yang sabar dan baik hati cuma bisa tersenyum trus bilang "gak boleh kekgitu, jangan garagara capres kita jadi perang. Aku cinta damai! TEMAN tetap nomor 1, presiden baru nomor 2 hahahahahahaaaa. Dia makin ngamuk deh jadinya :D (*enak kali buat gondok orang ya kan :D eittsss gue aslinya gk giti kok :"D)

Jujur aku sangat ingin pilihanku ini yang akan menjadi pemimpin Indonesia ini, namun aku harus tetap sadar kalau sesungguhnya semuanya ada di tangan rakyat Indonesia, siapapun yang akan menjadi pemimpin negara ini itu adalah yang terbaik. Tuhan kan pasti bekerja, Dia tahu kok mana yang terbaik untuk memimpin negara kita ini :))) so, tentukan pilihanmu dari sekarang, yang biasanya golput.. pleaseee mulailah untuk peduli dengan negara kita ini. jangan golput lagi ya :)) akhir akta saya ucapkan terimakasih dan #salam2jari :D :*

Selasa, 20 Mei 2014

I miss you so..

          Malam semakin larut dan hujanpun semakin riang bermain higga membuatku terlena dalam setiap irama rintikannya. Mata enggan untuk menutup dan mulutmu tak menuap seperti biasanya, ada apa ini? apakah karena aku masih mengkhawatirkannya? Oh Tuhan, sahabat yang paling mengerti isi hatiku.. sampaikan rasa rindu terdalam ini padanya :')  


 Hey kamuuu pria yang kukasihi!!! malam ini aku sangat merindukanmu :') adakah kau merindukanku juga?
Bagaimana kondisimu, aku resah tak tahu bagaimana kabar dan kondisimu. Apa yang harus kulakukan? 

Dalam hidup memang begitu banyak masalah dan cobaan, namun itu semua ada hikmahnya. Masalah ini menjadi pelajaran dan pengalaman buat aku, kamu... kitaaa!! Kuatlah sayang, aku akan tetap berdiri disampingmu, aku aku akan tetap bersamamu untuk menguatkanmu. 

Kondisi ini menyiksaku, aku tak ingin belama-lama dalam kondisi ini!!

Minggu, 02 Februari 2014

Teman...

Besok UAS ya? masih sempat-ssempatnya pula lagi ngeblog hihiiii :D yah biarin aja deh yang penting untuk ujian besok udah 50% dipelajari kmren, dan ini juga terpaksaaa aja ngeblog nya. Aku orangnya kalau ada yang gak enak di hati pasti mengganggu kali -.- blog ini semacem diary buatku, walaupun ada pembaca setia yang akan membaca postingan ini yah gapapa, setidaknya aku bukan orang yang suka berkoar-koar di luar sana kalau lagi gak suka sm orang, cukup dengan mencurahkannya di blog skaligus diary kesayanganku ini.

Heyyy kamu teman yang udah berteman sama aku 3bulan belakangan ini, dan yang juga udah termasuk teman dekat. Awalnya kau merajuk, 2 hari kau diamin kami, dibujuk gak sembuh, dicandai juga tetap mutung, sebenarnya kenapa? lagi sakit? tapi kalo sakit knpa pas ditanya'in malah nyuruh pergi? Aneh juga yaaa, semuanya terasa serba salah, terkadang secara pribadi aku ngerasa kalau aku punya salah samamu, kalo memang iya coba kasitau aku, toh juga diam gak mnyelesaikan masalah, trus.. kau mau aku tetap bertindak salah ? jangan gitu donggggg :(

Oke fix, hari ke3 kau mulai ngomong, mungkin kmren2 itu sakit gigi kali ya heheh :D tapi kenapa aku ngerasa aneh ya, knpa aku ngerasa kau ngomong sama aku cuma pas lagi perlu aja, atau ini hanya perasaan ku aja? yah mungkin aku yang salah, aku terlalu berpikir negatif, oke aku lupakan pemikiran itu. Hari ke 4, kau masih aja seperti biasanya, seorang teman yang biasanya sering bercanda, teman tertawa bersama, teman yang sering memalingkan wajahnya ke arah kami.. namun itu sudah tak ada lagi, caramu menawarkan makanan aja udah gak shrek di hati, kalau gak ikhlas dan gak tulus gausah disodorin kalee, aku juga bisa kok bedakan mana yang tulus dan mana yg terpaksa, maaf kalau penolakanku kmren membuatmu jengkel *kalauyakalau :D masuk hari ke5 setelah hari kau merajuk-- eh sebelumnya aku mau nanyak, tumben kau datang :D cieeeee mulai sekarang rajin2 ya, kan enak ibadah bareng2 gitu :Dbalik ke cerita.. pas keluar dari parkir kau nanyak "kenapa si nova diam samaku?" hehhh brobrobrooo aku bingung lah liat kau, yang sekarang diam ini aku atau kau? atau ini hanya taktik kau aja? husss buang pemikiran kayak gitu nov -.- oke maaf maaf, aku bersyukur kau nanyak kek gitu. Pas akhir ibadah kau nyalam aku deluan, yah itu bukan sebuah kebanggaan bagiku, itu malah membuat aku semakin dilema, sebenarnya disini yang diam siapa?*capek aku mikirn ini terus -.-

oke langsung ke rabu depannya ajaya, hem aku akui mmg semua canda tawa pas pengantar bisnis itu pantas membuat kau dan teman-teman sekelas tertawa, tapi pas kau memalingkan wajah sambil tertawa yang macem ditahan tahan itu yang buat aku lega dan senang, jujur aku gak suka diam lama2 sama teman yang udah sempat dekat denganku, walaupun terkadang aku gak menampakkannya yah sebenernya begitulah yang ada di dalam,tapi kalau bukan aku yang deluan salah aku sulit dan sangat sulit untuk minta maaf. yaa itulah penyakitku >,< malam tiba, dan tepatnya pukul 22.35 aku ngesms kau, berharapnya sih dibales tapi ternyata harapanku sia-sia, tak ada sama sekali sms darimu kawan :') besoknya aku ngesms kau lagi "sok sok nanyak sama orang si yo knpa aku diam, pdhl kau aja gak pernah balas smsku. manis di depan asem dibelakang kauuu ppppppp*tiitttt sensor namanya ya :D apakah sms ku itu kasar? sehingga kau tak membalasnya, aku udah ngalah, apalagi yang salah? ku datangi kau di taman, ku bujuk bujuk kau kawan,  mukamu seakan tersenyum tapi kau memalingkan wajahmu dariku, apakah dengan cara itu juga hatimu tak bisa sembuh? Sebenarnya kau kenapa? kau nanyak-nanyak sm mereka knp aku diam, tapi saat aku udah mulai mencakapi kau, kau alihkan wajahmu. gak ngertilah aku samamu kawan.

Facebook.. sekarang kau remove aku, ya memang sih aku tahu kebiasaamu, kalau lagi gak shrek sama orang pasti fb nya langsung di remove, gak heran sih, sedangkan sahabatmu aja kau remove juga ._. sanggup kali yaaaa kekgituuuu. Katanya sahabat tapi kayak gitu, bullshit lah itu namanya, kawan.. *ehh maafya kalau marah :D

Aku gak nyaman kalau harus diam-diaman lama-lama apalagi kau duduk di depan ku, tapi kalau memang ini maumu oke fine! aku tunggu sampe hatimu sembuh kawan :) asal kau tahu aku bukan orang yang pendendam, dan ketika kawanku kembali lagi, aku terima dengan senang hati dan lapang dada, oh iya sebenarnya aku juga yakin sih kalau kau gak nyaman diam2an samaku, tapi yah kalau kau memang masih gengsi gapapa, aku tungguuu! ya aku tungguuu sampe nyadar. Aku temanmu, dan akan tetap menjadi temanmu :)

Rabu, 15 Januari 2014

Sekedar tips untuk menghilangkan kecanduan game online

Main game online memang mengasyikkan. Terutama saat kita sudah penat dengan kesibukan atau aktifitas kita sehari-hari maka tak ada salahnya kalau kita mengalihkan semua itu dengan bermain game. Tapi, kita harus berhati-hati dengan pola pikir itu karena jaman sekarang, tidak sedikit orang yang jadi salah kaprah dengan pola pikir itu hingga game online menjadi suatu candu dimana menjadi satu keharusan dalam kegiatan sehari-hari. Apakah anda sudah termasuk pencandu game online atau tidak? Mari kita kenali ciri-cirinya terlebih dahulu.

1. Dalam sehari anda hanya bermain satu game saja dengan waktu lebih dari 3 jam bahkan bisa seharian penuh.

2. Anda rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk main game tersebut dan membeli voucher-voucher game tersebut hanya untuk mengupgrade item dan karakter yang anda miliki.

3. Lebih dari 1 bulan masih tetap bermain game yang sama dengan intensitas bermain setiap hari

4. Punya banyak teman dari game tersebut dan bahkan sampai masuk ke komunitas game tersebut

5. Kesal dan marah jika dilarang atau terhalang untuk main game tersebut

6. Sangat antusias jika ditanyakan mengenai game tersebut

7. Jika anda bermain game online di warnet, maka waktu anda lebih sering dihabiskan di warnet untuk main game online ketimbang melakukan kegiatan lainnya.

8. Anda mulai menganggap diri anda adalah karakter game tersebut.

9. Anda bahkan mengatur waktu khusus untuk bermain game online.

10. Isi dompet anda lebih banyak voucher game online bekas pakai atau bahkan voucher-voucher baru.

11. Anda mendahulukan menyisihkan biaya untuk ke warnet dan main game online ketimbang menyisihkan biaya untuk kebutuhan lainnya yang mungkin lebih penting dari main game di warnet.

12. Lupa dunia sampai bolos sekolah/kuliah/kerja, malas belajar/kerja, pasangan pun dilupakan.

13. Yang ekstrim, berbuat hal buruk demi mendapatkan hal yang diinginkan dalam game tersebut (entah dengan menipu, mencuri, hack, cheating, ilegal bot, dsb).

Jika anda sudah melakukan lebih dari 5 hal diatas, maka anda sudah termasuk pencandu game online.



Dampak game online terhadap tubuh:
1. Kulit dan rambut

Bermain game online yang dilakukan dalam ruangan membuat tubuh anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Sementara sinar matahari pagi mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

2. Mata

Pengaruh radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Apalagi didukung oleh efek cahaya yang ditampilkan dalam sebuah game. Dalam satu kali penglihatan, efek cahaya yang bisa terjadi bisa mencapai ratusan. Ini biasanya bisa menyebabkan perut mual jika kita terus memaksa mata melihat ke layar monitor. Dan dengan kurangnya pencahayaan dalam ruangan, ini akan menjadi semakin buruk. Walaupun kenampakan efek-khusus dalam game lebih jelas, namun ini akan menjadikan mata lebih cepat lelah. Anda harus menjaga jarak dari layar monitor, dan istirahatkan mata sebelum dan setelah bermain game dalam waktu yang cukup lama.

3. Hidung

Sering sekali ketika bermain game online kita tidak peduli tentang suhu ruangan. Sekalipun ruangan pengap, anda tetap akan melanjutkan bermain game. Sebenarnya menurut opinin para pakar kesehatan, sirkulasi udara yang baik sangat penting.

4. Jantung

Pengaruh main game online terhadap jantung bisa menimpa orang-orang yang lemah terhadap kejutan, yang lazimnya ditampilkan dalam game-game yang bertema horor. Bagi anda yang lemah jantung hindari main game yang bertema horor. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh main game.

5. Osteoporosis

Terlalu lama bermain game menyebabkan aktivitas tubuh menurun. Ini bisa menyebabkan osteoporosis, atau kerapuhan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua karena tulangnya kekurangan kalsium. Tetapi di era moderen ini, orang yang mengalami osteoporosis di usia muda sudah banyak. Perhatikan bahwa pola makan yang tidak teratur, dan kurang aktivitas, menjadi penyebab utama.

6. Bawasir

Jika terlalu lama duduk, dan anda kurang minum air, anda akan berisiko untuk mengalami bawasir. Jadi sebelum terlambat, posisikan tubuh anda dengan posisi yang nyaman saat bermain game. Persiapkan alas duduk yang empuk dan hindari alas duduk yang kasar. Dan dari waktu ke waktu gerakkan otot pinggul agar tidak kaku. Selain itu minum banyak air saat duduk lama di depan komputer.

7. Obesitas

Makan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan saat bermain game. Akan tetapi jika terlalu banyak makan, dan sudah menjadi kebiasaan, obesitas adalah risikonya. Untuk menghindari ini, hindari minuman dan makanan dengan kandungan MSG tinggi. Untuk lebih amannya, jangan makan terlalu banyak saat bermain game. Tetapi jika sulit dihindari, lebih baik mengganti makanan dengan buah-buahan.

8. Sindrom Carpal Tunnel

Bermain game online paling banyak menggunakan “mouse” dan memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan. Akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan sindrom Carpal Tunnel. Jika anda sering merasakan sakit pada pergelangan tangan, tidak kuat menggenggam, atau “mati rasa”, misalnya benda sering terlepas tanpa disadari dari genggaman, maka anda telah mengalami gejala sindrom carpal tunnell dan jika dibiarkan tidak diobati akibat terburuknya adalah kelumpuhan total dan amputasi tangan.



Cara mengatasi kecanduan game online:

1. Meminta orang terdekat anda untuk sementara menjadi pengingat anda setiap kali anda mau ke warnet atau mau maen game. Akan sangat baik apabila dia bukan seorang gamers juga.

2. Mulai menata kembali waktu dengan mengisinya dengan jadwal-jadwal yang bisa membuat anda tidak memikirkan game online setiap waktu.

3. Kurangi waktu anda bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan usahakan anda mematuhi jadwal yang anda buat.

4. Hitung kembali biaya yang sudah anda keluarkan hanya untuk main game online dan lihat jumlahnya, kemudian anda bisa menyadarkan diri anda sendiri dengan berkata kepada diri sendiri anda, “kalau saja saya tidak menghabiskan uang saya untuk bermain game saja, mungkin saya sudah bisa beli banyak barang yang saya inginkan”.

5. Alihkan pikiran anda dengan melakukan hal-hal lain yang dulu biasa anda lakukan sebelum anda mulai kecanduan game online saat timbul keinginan untuk maen game online.

6. Tidur adalah salah satu cara menghilangkan kecanduan game karena ketika kita tidur otak kita akan beristirahat dan membuang sebagian memory dari kita yang telah lalu hanya sekitar 0.00000000000000000001% dari memory kita. (Kalau ga bisa tidur, minum obat tidur)

7. Nonton film. Walaupun memiliki efek yang sama dengan bermain game yaitu membuat mata menjadi rusak tapi nonton film juga bisa membuat kita pintar.contohnya bila kita menonton film barat kita ikut memahami kata yang diucapkan oleh sang aktor jadi tanpa sdar kita belajar bahasa inggris tentunya bagi orang yang tidak bisa berbahasa inggris agak sulit tapi silahkan mencoba.

8. Bermainlah ketika kamu merasa bosan atau stress. Jangan main hanya karena merasa ingin bermain.

9. Apabila kamu merasa ingin main game, langkah yang tepat yang harus kamu ambil adalah katakan pada orang terdekat kamu tentang apa yang kamu rasakan. Saya yakin mereka akan melarang dan menasehati kamu, dengan demikian niat kamu akan terbendungi.

10. Coba ketika kamu berada di tempat game, buat diri kamu menjadi tidak nyaman. Tahan pipis, duduk di tempat yang panas, duduk di komputer yang paling tidak bagus.

11. Berani Pegang Omongan. Kalau perlu anda coba bikin janji kepada orang-orang terdekat, bahwa anda akan berhenti total bermain game online. Jika tidak mau dikatakan orang yang munafik, maka peganglah omongan dan komitmen yang telah anda ucapkan sendiri. Dorongan dan motivasi orang-orang terdekat anda juga akan membantu proses anda berhenti bermain game online. Jangan mau dibegoin game online!!

Sabtu, 11 Januari 2014

10 november 2013

           10 November 2013. Ya itu adalah hari ulang tahun ku yang ke 18 tahun :') Dan aku sungguh sangat amat bahagia *lebay* Awalnya aku pikir itu akan menjadi ulang tahun yang paling menyedihkan sepanjang abad, karena ini pertama kalinya aku ulang tahun jauh dari orangtua :"
           Dan ternyata pemikiranku salah. Menurutku ini merupakan ulang tahun yang sangat membahagiakan sepanjang sejarah hidupku wkwk. Yang mebuat aku bahagia 1) tanpa ku ketahui dan ku sadari ternyata orangtuaku ingat hari ulang tahunku, dan 3 hari sebelumnya mereka telah membuat rencana. Diam-diam mereka telah membelikanku kado, dan dengan diam-diam juga mereka telah menyuruh maktuaku untuk membuat acara (sekedar masak2, beli kue dan dirayain dgn keluarga besar aritonang aja sih sih tapi ini sangat precious bagiku) :D masih tanggal 9 orangtuaku telah mengucapkan nya walau hanya lewat telpon  :') 2) tak ku sangka teman-temanku yg kocak2 itu berhasil membohongiku dan memberi surprise juga. hebat kalian ya bisa berhasil, biasanya kan aku gak bisa dikerjain :p 3) Teman-teman ku di dunia nyata dan dunia maya yang tak lupa mengucapkan selamat ultah buatku, ternyata kalian masih ingat aku ya, apalgi teman sd, wah saya terharu :') wkwk
            Terimakasih Tuhan buat penyertaan, penjagaan, bimbingan, kasih setia, serta berkatMu padaku selama 18 tahun. Dengan apakah ku balas Tuhan? Aku hanyalah gadis kecil yang masih kotor, banyak sikap-perilaku dan tindakanku yang masih mengecewakan dan melukai hatiMu :" Ampuni aku Tuhan manusia yang berdosa ini. Aku tak bisa membalasnya ya Bapa, namun aku juga ingin menyenangkan hatiMu juga. Maafkan aku yang sempat jenuh dan merasa lelah dengan pekerjaan pelayanan ini, maafkan aku yang sering mengeluh dengan tugas ku di dunia ini, terimakasih telah menyadarkanku Bapa, aku janji, selama aku masih berdiam di Medan ini dan aku belum menikah, aku akan tetap menerjakan tugas pelayanan ini di masa kemudaanku ini. 
               Terimakasih Tuhan buat orangtua tempat Engkau menitipkan aku, sungguh betapa baiknya engkau ya Allah memberikan 2 makhluk yang begitu nyaris sempurna dan hatinya bak malaikat. Ajarkan aku Bapa untuk semakin lagi menghormati dan menyayangi mereka. Maafkan aku ibu, ayah.. yang sering melukai hatimu, maafkan aku jika karena aku kalian sering meneteskan air mata. Maafkan aku yang sering membantah omongan kalian, from now on aku janji akan mengubah perilaku perilaku buruk itu, aku akan berusaha, dan aku yakin aku bisa! Meskipun jarak sekarang memisahkan kita, namun hati seorang ibu dan anaknya tak akan terpisah, hati seorang ayah dengan anaknya akan selalu dekat :') terimakasih buat kerja kerasmu untukku, setiap peluh dan tetesan keringatmu itu akan kugantikan dengan senyum dan tawa kebahagiaanku suatu saat nanti. Tuhan.. jagalah mereka disana {}
             Terimakasih juga Tuhan buat mereka, teman-temanku yang selalu membuatku tertawa akan tingkah gila dan kocak nya, ku harap pertemanan kami ini tak akan hilang ditelan oleh zaman. Terimakasih wahai sobat-sobatku buat surprise yang kalin berikan di hari itu, tak akan kulupakan moment yang indah itu :') Aku mengasihi kalian ♥
               Keluarga, RNH Immanuel, teman lama, teman kampus dan semua teman-temanku yang tak dapat kusebutkan terimakasih buat senyum dan kebahagiaan yang kalian hadirkan dalam hidupku. tuhan memberkati kita.




Hatiku

Aku bukanlah wanita yang hatinya seperti bola, bisa dilempar kemana aja, aku juga bukan wanita yang hatinya seperti air di daun talas. Menurutku aku seperti itu. Ya, itu menurutku!! dan memang itulah adanya :)

Aku juga bukan wanita yang mudah jatuh cinta pada pria yang secara fisiknya tampan. Aku Nova Jayanti Sinaga bukanlah wanita yang memandang orang dari sampulnya. Mungkin saja Outer nya bagus tapi siapa yang tahu bagaimana innernya? Belum tentu bagus seperti outernya :)


Saat ini aku(umur 18thn) jatuh hati pada seorang pria, yang telah aku sukai sejak aku umur 15 tahun :D *salahkah aku terlalu cepat naksir kpda seorang pria??? :')  Awal pertemuanku dengannya di sebuah rumah suci tempat umat Kristen setiap minggunya beribadah. Selama 2 tahun aku memendam perasaanku dengan segala rasa yang ada di dalamnya. Sering aku kecewa dengan perasaan ini, sering aku jengkel, dan sering sekali aku meneteskan air mata karena kekesalanku pada perasaan ini. Kenapa aku bisa suka sama dia? Kenapa perasaan ini harus menetap? kenapa sampai selama ini? kenapa aku tidak bisa membuang perasaan ini jauh-jauh? Ahhhh.... *selalu muncul pertanyaan2 ini saat aku kesal

Tuhan menjawab doaku, sekarang aku menjalin kasih dengannya. Seorang pria berumur 19 tahun yang juga  sekampus denganku namun tak 1jurusan :) Aku sangat mengasihinya. Jangan tanya kenapa, karena bagiku mengasihi itu tak butuh alasan :') Aku tak tahu apakah dia yang nantinya akan menjadi pria di masa depanku dan kelak akan menjadi pendamping hidupku, namun ku tahu Tuhanku sudah menulis itu semua di kitabb kehidupanNya.

Rabu, 13 November 2013

Dearrr :*

Sahabatku.. aku sangat menyayangimu. Film yang ku tonton malam ini mengingatkan ku padamu, wahai sahabatku terkasih :”) Kebersamaan yang telah lama kita jalin ini, aku harap takkan pernah lekang oleh waktu, takkan hilang ditelan oleh zaman. Aku mengasihimu. Sungguh.

Semakin aku sadar bahwa selama ini aku masih punya banyak kekurangan dalam mengasihimu, terkadang aku terlalu egois, aku mementingkan diriku sendiri, aku terlalu cuek, aku kurang memperhatikanmu dan tidak selalu ada untuk menyemangatimu. Aku ingin menjadi seperti si Nina yang ada di film yang ku tonton tadi:”) ada saat temannya sedang patah hati, ada saat temannya sedang jatuh cinta, ada saat temannya bahagia dan ada saat temannya kesusahan ;’)

Ku ingin memelukmu wahai sahabatku, aku ingin bercerita dan bercanda bersamamu di bawah langit sambil memandangi bintang yang sedang tersenyum melihat kita. Aku ingin menangis di dalam pelukmu saat aku bersedih karena ku tahu ketika bersamamu aku pasti akan kembali semangat dan kuat, kau adalah kekuatan.

Tuhan mengijinkan persahabatan ini berlangsung lama dan Dia menghadirkan banyak persoalan pada kita namun sampai sekarang kita masih terus bersama walau terkadang kita bertengkar, aku sangat bersyukur buat hubungan ini dear :’) Masih ingatkah kau saat kita koro2? Masih ingatkah kau saat kita menyanyikan lagu sheila on 7-sahabat sejatiku itu? Aku sungguh bahagia saat itu, itu moment yang paling spesial yang takkan pernah kulupakan, kau memegang pundakku kawan, kita bernyanyi bersama walau aku Cuma tahu reffnya :D lagu yang kau pilih lagu yang sangat bermakna:”) Aku mengasihimu, aku mencintaimu, aku menyayangimu {} aku ingin kita saling menguatkan dan saling menyayangiiii... Semoga kita semakin lebih karib lagi dear :”)